Laman

Kamis, 31 Maret 2011

Mengenal Buah Sirsak

Di Indonesia buah sirsak banyak kita jumpai. Hal ini tidak mengherankan karena Indonesia dianugerahi tanah yang subur. Sehingga buah sirsak bisa tumbuh dengan baik. tapi tahukah anda ternyata buah sirsak bukan buah asli Indonesia. Buah sirsak dibawah oleh orang-orang Belanda dan Amerika. Tidak heran karena dulunya Belanda pernah menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun. Dalam waktu selama itu banyak  sekali budaya Belanda yang masuk ke Indonesia tidak terkeculai tumbu-tumbuhan dan buah-buahan.

Buah sirsak merupakan salah satu buah yang banyak mengandung manfaat untuk pengobatan. Dalam bahasa latinnya buah sirsak disebut "Guanabana." bentuknya oval dan seperti hati sedikit runcing. panjangnya bisa mencapai 10-30 cm, lebar 15, dengan berat rata-rata 1-6 kg. Warnanya hijau tapi terkadang kalau sudah matang timbul warna kuning walaupun cuma sedikit. dagingnya berwarna putih dan mengandung biji didalamnya. daging sirsak rasanya asam manis, makanya tidak heran banyak orang yang menyukai buah tersebut.

Bagaimana kita bisa mengenali kalau buah sirsak siap untuk makan atu tidak. lebih penting lagi bagaimana menjada supaya buah sirsak bisa awet untuk disimpan? Ada beberapa cara yang sebenarnya bisa kita pelajari dan kita lakukan. seperti kita bisa mengenali buah sirsak itu matang atau dengan cara warna kulitnya. buah sirsak yang sudah matang kulit berwarna hijau gelap berubah kekuningan.

perlu kita ketahui juga bahwa buah sirsak mempunyai aroma yang tajam dan menergakan. orang-orang belanda biasanya menggunakannya dikamar tidur untuk membantu supaya tidur menjadi nyenyak. silakan anda mencobanya.


p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar